Perpanjang SIM B1

Memperpanjang SIM (Surat Izin Mengemudi) SIMC dan SIM A, untuk wilayah DKI Jakarta dan Jabodetabek, mungkin terbilang agak mudah. Prosedur pengurusannya simpel, mudah dan cepat.

Di DKI Jakarta, Kantor Samsat Polda Metro menempatkan mobil pengurusan/perpanjang STNK dan SIM C dan SIM A di beberapa titik, seperti wilayah Ragunan, Kalibata (Jakarta Selatan), Kembangan (Jakarta Barat), bahkan di beberapa mall, seperti Mal Cililitan (PGC) dan beberapa mall lainnya. Tinggal datang dengan persyaratan lengkap, tanpa harus berlama-lama, SIM baru pun sudah bisa kita terima.

Tapi akan berbeda jika mengurus SIM Umum dan SIM B1 ke atas. Pengrusan SIM Umum dan SIM Polos B1 hingga B2, semua dipusatkan di Kantor Samsat Polda Metro di wilayah Cengkareng, Jakarta Barat.

Sebenarnya, pengurusannya sama mudahnya seperti di Mobil SIM Keliling. Mudah dan cepat. Hanya saja ada yang sedikit berbeda prosedurnya. Bagi yang kurang sabar dan mempersiapkan diri, hal ini jadi terkesan lama dan berbelit-belit.

20160601_094054Untuk mengurus perpanjang SIM B1 ke atas dan SIM Umum, Pertama datang ke kantor Samsat, harus sudah menyiapkan fotokopi KTP, SIM sedikitnya 4 lembar. Lalu mengurusnya dengan urutan:

  1. Daftar dan proses Tes Kesehatan di bagian luar gedung, dekat parkir motor. Disini, tidak harus antri seperti orang yang membuat SIM baru, tapi langsung ke loket daftar kesehatan untuk perpanjang. Jika sudah selesai, langsung ke kantor bagian dalam Samsat.
  2. Bagi yang SIM Umum, sesudah tes kesehatan, ada tes lagi, yaitu Tes Psikologi, masih di tempat yang sama dengan tes kesehatan.
  3. Masuk ke area kantor Samsat dengan menunjukkan SIM dan KTP untuk mendapatkan Kalung Tanda Peserta Pengurusan. Ingat disini TIDAK BOLEH DIURUS OLEH PERANTARA/CALO…!
  4. Daftar dan bayar ke Bank/BRI lebih dahulu utnuk Tes SIMULATOR.
  5. Masuk dan tunggu di Ruang Simulator untuk menunggu giliran Tes. Tes Simulator ini adalah Tes mengemudi dengan menggunakan mesin berbasis komputer, hampir seperti GAME di komputer atau Game di PS atau permainan anak-anak.
  6. Masuk ruang tes simulator, menunggu panggilan. Diawali oleh Polisi yang bertugas memandu dan menguji. Sekitar 10 menit petugas memberikan penjelasan lengkap tentang tata cara tes, bahkan sebelum tes diminta untuk berlatih dulu beberapa kali. Tapi…??? Bagi sebagian besar orang atau supir, tes ini sangat susah, katanya. Ada beberapa orang yang baru bisa lulus setelah ikut tes ini hingga 5 kali. Dan… disini sangat strick, tidak bisa main-main. Jika Tidak Lulus, ya Wajib Mengulang Seminggu lagi…!!!
  7. Jika sudah dinyatakan LULUS, maka langsung mengurus ke BRI untuk membayar biaya pembuatan SIM.
  8. Menuju loket foto dan sidik jari.
  9. Menunggu di loket cetakan hasil SIM baru yang selesai diperpanjang masa berlakunya.
  10. SELAMAT bagi Anda yang LULUS… (Anda beruntung jika bisa lulus tes/ujian simulator sekali, karena ada yang lebih dari 4-5 kali, hehe…).

Dari pengalaman saya, khusus untuk mengurus SIM B1 ke atas dan SIM Umum, karena mungkin berkali-kali tidak lulus Ujian Simulator, maka sebaiknya mengurus perpanjang dari sebulan sebelum waktu berlaku SIM habis.

Selamat Mencoba…!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: