Shalat Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

Alhamdulillah, ketika terjadinya gerhana matahari total (GMT) di beberapa wilayah Indonesia, Kamis 9 Maret 2016, meskipun di wilayah Jakarta dan Tangerang Selatan termasuk dalam wilayah yang terkena gerhana matahari sebagian (tidak total), saya berkesempatan memandu jamaah untuk melaksanakan shalat gerhana matahari (kusuf) di Masjid AL-HIKMAH komplek Reni Jaya, Blok AA, RW 020, Pamulang Barat, Tangerang Selatan.

Semalam sebelumnya, jamaah sudah diingatkan untuk menghadiri shalat gerhana, kemudian di pagi ba’da shubuh, jamaah kembali diingatkan untuk hadir pada pukul 06.20wib.

Alhamdulillah, sebelum pukul 06.20wib, jamaah sudah banyak berdatangan dengan begitu antusias. Bahkan, ada yang hadir lengkap dengan putra-putrinya.

Baru sekitar pukul 06.40wib shalat pun akhirnya dimulai, dengan diawali pengarahan tentang tata cara shalat gerhana, yang berbeda dengan shalat-shalat lainnya, yakni dilaksanakan sebanyak dua rokaat, pada tiap rokaat melakukan dua kali ruku’.

Selepas shalat gerhana yang saya pandu, saya mengajak jamaah dalam khutbah untuk merenungkan kejadian gerhana matahari total kali ini. Bukan hanya sebagai peristiwa langka, tetapi juga peristiwa yang sesungguhnya merupakan tanda kekuasaan Allah. Bahwa secara keilmuan memang ini menjadi peristiwa alamiah saja, tetapi bukankah semua peristiwa alamiah di dunia ini adalah kehendak Allah? Dan… berapa banyak bukti, menurut perhitungan manusia, segala sesuatunya sudah dikondisikan denga normal, dan pasti berjalan dengan baik, tapi… ternyata mengalami kejadian yang sangat tragis tidak terduga, seperti pesawat terbang yang hilang arah, jatuh dan berbagai kejadian lainnya.

“Maka nikmat Allah yang mana yang kalian dustakan?” inilah yang pantas mengingatkan kita semua… Itu pula seyogyanya, kita semua merenungkan kebesaran Allah SWT Yang Maha Menguasai jagat alam semesta, dengan kausaNyalah alam semesta  beredar pada orbitnya… dan, terlebih dari itu, seyogyanya kita semua beristighfar mohon ampun kepadaNya, karena begitu banyak kita melalaikan rasa syukur bahkan kadang lebih mengikuti keburukan hawa nafsu meninggalkan ketaatan kepadaNya, Masya Allah…

Semoga Allah SWT tetap melimpahkan rahmatNya kepada kita semua yang masih mau mentaati perintahNya dan hidup dalam kemuliaan sesuai tuntuhnanNya, aamiin…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: