Perjalan Murah Singapura dan Malaysia

zay_singCukup lama saya menjanjikan teman guru di SMK Negeri 40 Jakarta Timur untuk menemani mereka ke Singapura dan Malaysia dengan biaya yang relatif murah. Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga niat itu, pada tanggal 2-4 Mei 2014 (3 hari 2 malam) kami pergi kesana.
Diawali dengan mencari tiket murah dengan pesawat AirAsia. sebenarnya, asalkan kita agak sabar dan jauh-jauh hari mencari, biasanya dapat yang murah, bahkan murah banget. Tapi, karena saya mencari agak dekat waktu berangkat, makanya tiketnya lumayan mahal, meskipun sebenarnya lebih murah dibanding maskapai lain.
Rute pergi-pulang: Jakarta-Singapura-Jakarta. Ini adalah rute yang lebih murah dibandingkan mengambil rute Jakarta-Malaysia-Singapura-Jakarta, atau Jakarta-Singapura-Malaysia-Jakarta.
Sedangkan untuk penginapan, saya ambil rumah sewaan, kebetulan milik orang Indonesia, sehingga lebih mudah komunikasi dan bisa bayar dengan BCA. Menurut saya, harganya lumayan murah, hampir sebanding denga hotel yang paling murah (Hotel loh, bukan hostel…). Padahal, lokasinya di pusat kota, belakang ORCHARD ROAD.
Rencana perjalanan kami:
Hari-1 (Jumat): Singapura (sehari semalam, menginap di singapura).
Hari-2 (Sabtu): Malaysia-Johor bahru (sehari semalam, menginap di Johor).
Hari-3 (Minggu): Singapura (seharian, malam pulang ke Jakarta).
Bismillah… Tanggal 2 mei 2014, sengaja berangkat pagi-pagi sekali untuk memaksimalkan keliling di Singapura di hari pertama. Kami ambil jadwal penerbangan jam 05.30, sampai di Singapura jam 08.30 waktu SIngapura. Demi pengiritan (hehe..), kami berkeliling Singapura dan malaysia naik MRT atau bus.
Hari-1: Singapura
-Sesampai di Airport Changi, kami naik kereta airport untuk keluar menuju rute MRT, namanya Tanah Merah (gratis). Sesampai disana, barulah beli tiket MRT SGD 12 (kartu chip berisi SGD 7, harga kartu SGD 5).
-Dengan naik MRT itulah kami menghabiskan waktu untuk berkeliling Singapura seharian, seperti USS (Universal Studio), Merlion (patung Singa ), Singapore Flyer (naik kincir/kapsul raksasa, bisa lihat hampir semua penjuru Singapura),  Marina Bay, Clark Quay (wisata pinggir sungai, naik perahu), dll.
-Hingga malam kami menghabiskan waktu untuk jalan-jalan menikmati berbagai wisata Singapura (karena hari-1 hanya untuk jalan-jalan…)
-oh ya, untuk makan, yang bernuansa Indonesia atau melayu, sebenarnya banyak di berbagai tempat atau mall. Tetapi kami lebih banyak makan di mall Lucky Plaza (mall yang paling dikenal orang Indonesia, karena murah dan bervariasi, juga banyak restoran Indoensia).
Hari-2: Malaysia (Johor Bahru)
-Rencana ke Malaysia, kami hanya menuju Johor Bahru, tidak jadi ke KL (Kuala Lumpur), karena ke KL membutuhkan waktu lama, naik bus saja harus 6-7 jam baru sampe KL, belum lagi jalan-jalan dan balik lagi ke Singapura. Jadi, kami hanya ke Johor yang waktu tempuh dari Singapura hanya 30 menit -1 jam saja. Ditambah lagi sudah cukup lumayan di Johor ada yang bisa dikunjungi, diantaranya LEGO LAND (tempat main seperti Dufan), KITTY LAND (tempat main anak-anak bernuansa boneka Hello Kitty) dan JPO (Johor Premium Outlet, ini tempat favorit Ibu-ibu untuk belanja barang branded, tapi harganya lebih murah).
-Pagi-pagi sesudah sarapan, kami bergegas ke Johor Bahru-Malaysia naik bus. Bus untuk menyebrang ke Johor sebenarnya banyak, murah dan cepat. Banyak tersedia di berbagai tempat di wilayah barat, seperti BUGIS, WOODLAND, MARSILING, KRANJI ataupun JURONG EAST. Ongkos bus relatif murah, hanya dengan SGD 4 sudah sampe ke LEGO LAND Johor bahru, kalo cuma nyebrang ke Johor, malahan ongkos lebih murah SGD 2. Banyak jenis/merk bus disana, diantaranya CAUSEWAY LINK. Bebas mau naik apa aja, harganya sama kok…
-Sewaktu menyebrang ke Johor, kita akan melewati imigrasi Singapura untuk keluar. Harus bergerak cepat loh, karena tas/ransel kita harus dibawa sendiri turun dari bus. Setelah proses imigrasi kita ke pintu keluar, dan langsung naik bus yang tadi kita naik. kalo kita ketinggalan bus yang tadi kita naik, gak masalah, karena kita tunggu bus yang sejenis berikutnya. gak lama kok, paling nunggu 10-15 menit.
-Pas selesai nyebrang jembatan Singapura-Malaysia, kini giliran turun bus lagi untuk proses imigrasi masuk ke malaysia, caranya hampir sama seperti di imigrasi Singapura. Tas/ransel kita bawa turun, lalu proses dan naik bus lagi.
Ada cara yang lebih simpel, kalo gak mau ribet. Nyebrangnya naik taksi aja di stasiun atau terminal BUGIS. Dari sana naik taksi SGD 40 untuk 4 orang sampe ke Johor. Kalo mau langsung ke LegoLand lebih mahal, bisa sampe SGD 70 untuk berempat. Asiknya, pas proses imigrasi, kita gak usah turun dari mobil waktu diperiksa, cuma dilihat dan ditanya nama aja.
-Sesudah sampe di LegoLand, terserah deh.. mau masuk dan menikmati semua fasilitas dan mainan bayar tiket 140 Ringgit, disitu kita bisa mainan air (kaya water park), dan lain-lain, tapi yang cukup unik, ada MINI BUILDING, bentuk mini dari berbagai bangunan di berbagai negara, seperti: Petronas-Malaysia, Merlion-Singapore, Karaweik Hall-Myanmar, Wat Arun-Thailand, Pura tanah Lot-Bali-Indonesia, Hoi Ann-Vietnam, Masjid Sultan-Brunei, Patuxai-Laos. Semuanya dalam bentuk mini yang terbuat dari Lego.

Bagi yang gak mau masuk ke dalam karena lumayan mahal (RM 140= Rp500rb-an loh…), ya udah cukup foto-foto di depan dan sekitarnya aja, sambil jajan dan kaman deh…

-Selepas dari LegoLand, sekitar sore jam 16.30 waktu Malaysia, siap-siap menuju Bus, karena yang terakhir jam 17.30. Terserah, mau langsung ke JPO untuk belanja atau ke hotel dulu, taro tas, mandi, makan, barulah ke JPO.

-Malam hari kami menginap di CITRUS HOTEL, menurut saya lumayan murah, walopun tempatnya kelihatan kecil tapi kamarnya lumayan luas, staffnya ramah. Lokasi hotel tempat kami menginap, di pusat Johor bahru, deket ke berbagai mall (CITY SQUARE, JOHOR) dan gampang cari makan, di samping hotel aja banyak kedai-kedai.

Hari-3: Singapura – Belanja

-Pagi-pagi selepas sarapan, kami bersiap kembali ke Singapura. Karena sebagian sudah kecapean, kami naik taksi ke Singapura. Kami naik dari terminal taksi di Johor bahru. dari hotel jalan kaki sekitar 15 menit, tapi kalo naik taksi dari hotel ke terminal RM 5.

o ya, kalo mau naik taksi dari Johor ke Singapura, ternyata hanya taksi yang berwarna kuning, itu yang khusus untuk menyebrang. Kalo taksi lain gak boleh. Ongkos taksi RM 70 untuk berempat.

-Seperti waktu nyebrang Singapura-Johor, kembalinya pun sama, harus melewati 2 imigrasi, pertama Malaysia (keluar) dan kedua Singapura (masuk lagi). Tapi karena naik taksi, jadi kami gak usah repot turun, pemeriksaan di dalam mobil.

-Sesampai di Singapura, kami menghabiskan waktu untuk belanja sebelum pulang sore harinya. Banyak tempat yang bisa dikunjungi, walaupun sebenarnya gak banyak bedanya, yang murah-meriah di berbagai tempat kurang lebihnya sama aja, ada di Lucky Plaza (orchard), China Town, Bugis, Mustafa Center, dll. Kalo yang branded juga hampir sama di berbagai tempat, misalnya di orchard ada TANGS PLAZA, TAKASHI MAYA, dll.

-Alhamdulillah, akhirnya kami bersiap kembali ke Airport Changi setelah cape seharian keliling berbelanja.

-Sekitar pukul 22.00 kami tiba di Jakarta, alhamdulillaaaah…. semoga temen-temen guru SMKN 40 Jakarta Timur merasa puas saya temani jalan-jalan dengan biaya yang relatif murah. Oh ya… ternyata masing-masing menghabiskan kurang lebih Rp 2,2 juta-an. Lumayan lah, 3 hari 2 malem ke Singapura-Malaysia, hehehe….

3 Responses to Perjalan Murah Singapura dan Malaysia

1. My brother recommended I would possibly like this blog. He used to be totally
    right. This publish actually made my day. You cann’t consider
    simply how a lot time I had spent for this info!