Belajar dari Singapura

Setelah kesekian kali saya melawat ke Singapura (terakhir Maret 2011), menurut saya hal yang paling terlihat mencolok perbedaan/kelebihan Singapura dengan negara kita adalah: Baca LengkapTERTIB, DISIPLIN, BERSIH, MODERN, INFRA STRUKTUR tertata.
Sepertinya itulah kata-kata yang mewakili perbedaan kita dengan negara kecil ini.
Dari kesemua itu, pengamatan saya, yang menjadi perbedaan sangat vital adalah ketaatan warganya terhadap peraturan. Sebagian besar warga begitu sering mengucapkan kata SAMAN yang artinya denda. Sepertinya begitu takut mereka dengan SAMAN yang besar harus mereka bayar jika melanggar.
Unutk hal-hal lainnya, menurut saya masih relatif sama majunya dengan negara kita. Seperti hotel, mal, entertain, tempat wisata, dll, rasanya kita tidak ketinggalan. Hanya saja, kita memang sulit untuk tertib dan taat hukum, baik rakyat biasa maupun penyelenggara negara, bahkan para pembuat aturannya. Ditambah lagi belum adanya konsep penataan yang seragam dan terpadu untuk tata ruang yang berhubungan dengan kepentingan dan pengembangan bidang lainnya, misalnya perdagangan, wisata, pendidikan, dll.

masih bisakah kita menata negeri ini menjadi lebih baik???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: