Belajar dari AIR ASIA

Sebagian besar kita mungkin sudah tahu tentang penerbangan murah maskapai AIR ASIA. Baca LengkapBayangkan, di bulan Maret 2011 yang lalu, saya ke Singapura (one way) menggunakan maskapai Air Asia hanya membayar Rp.294.000,00 (dua ratus sembilan puluh empat ribu rupiah) dengan pajak (airport tax) Rp. 150.000,00 berarti Rp.444.000,00 saja. Sedangkan untuk pergi-pulang totalnya Rp.977.000,00 (sudah termasuk tiket pergi-pulang dan airport tax).
Memang, harga itu saya dapat dengan waktu booking 3 bulan sebelumnya. Apalagi jika dapat harga PROMO, wah tentu lebih murah lagi. Memang juga, sejak Maret 2009 Air Asia mewajibkan bayar bagasi Rp.150.000,00 per paket bagasi dengan berat maksimal sampai dengan 15 kg (untuk barang bawaan tas tangan hingga 7 kg tidak bayar). Tapi, setidaknya kita punya pilihan, jika ingin bagasi gratis, barang bawaan maksimal 7 kg. Jika ingin dapat tiket murah atau promo harus jauh-jauh hari dan rajin mencari promo, dll.
Yang akan saya share di sini bukan masalah harga dan atau promo, apalagi tentang Air Asia (karena saya bukan orang maskapai), hanya saja sepantasnya kita mulai melakukan langkah efisiensi di berbagai bidang dan lini.
Dan, Saya percaya, maskapai yang berani memberikan harga murah tetapi profesional karena mereka menerapkan konsep efisiensi yang ketat. Tiket ditiadakan, booking dapat dilakukan secara online, dll ini dapat memangkas banyak biaya.
Bayangkan, berapa banyak manfaat masyarakat dan bangsa kita ANDAIKAN konsep efisiensi dapat dilakukan dengan baik, ketat dan terkontrol (tentu dengan tidak mengurangi kewajiban pelayanan profesional).
Berapa banyak keuntungan negara yang dapat dikembalikan untuk kesejahteraan rakyatnya?
sehingga fasilitas untuk rakyat memadai, pendidikan lebih murah, dll.

Entahlah… Mudah-mudahan kita masih bisa berharap dan optimis…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: