Pengumuman Hasil UN SMK/SMA/MA Tahun 2009-2010

Banyak yang tidak menduga, ternyata Pengumuman Hasil UN (Ujian Nasional) tahun 2009-2010 yang diumumkan Senin, 26 April 2010, kali ini, khususnya SLTA mengalami penurunan. Baca Lengkap?Konon, penurunan terjadi sekitar 4% dari tahun sebelumnya. Beberapa sekolah, bahkan ada yang tidak lulus hingga lebih dari 50%. Entah mengapa hal ini terjadi.
Memang harus diakui, meningkatnya jumlah yang tidak lulus tahun ini mengindikasikan beberapa hal, seperti yang diungkapkan beberapa pemerhati pendidikan termasuk Wakil Menteri Pendidikan Nasional, Fasli Jalal, misalnya:
.- Sistem pelaksanaan UN dan pengawasannya berlangsung dengan baik (dan ketat tentunya);
.- Diduga Tingkat kesulitan soal yang kurang diperhatikan, sehingga sulit dikerjakan oleh siswa peserta UN;
.- Kemampuan siswa pada umumnya memang rendah untuk mencapai standar yang dipersyaratkan;
.- Diduga adanya tidak kesesuaian antara INDIKATOR SOAL dengan SOALnya itu sendiri.
Andaikata kemerosotan hasil kelulusan dikarenakan sistem pelaksanaan dan pengawasan berlangsung dengan baik, bahkan ketat, berarti kualitas dan kemampuan siswa kita–yang mungkin disebabkan proses pembelajaran–memang relatif rendah. Berarti selama ini, memang terus terjadi kecurangan yang menutupi kemampuan sebenarnya dari siswa kita. Mungkinkah?
Andaikata kemerosotan hasil kelulusan dikarenakan tingkat kesulitan soal, berarti para penyusun soal dan jajaran pengendali penilaian tidak memperhatikan rambu-rambu penulisan soal? Mungkinkah?
Andaikata kemerosotan hasil kelulusan dikarenakan kemampuan siswa yang relatif rendah, maka berarti tingkat kesulitan tidak terlalu tinggi pun tetap saja berkemungkinan untuk tidak lulus dengan baik. Yang berarti pula terjadi proses pembelajaran yang tidak baik atau tidak terstandar. Mungkinkah?
Andaikata kemerosotan hasil kelulusan dikarenakan adanya ketidaksesuaian antara INDIKATOR SOAL dengan SOALnya itu sendiri, ini berarti para penyusun soal dan jajaran pengendali penilaian tidak memperhatikan rambu-rambu penulisan soal, Mungkinkah?

Wallahu a’lam, hanya ALLAH yang Maha Tahu. Mungkin Anda bisa melihat dengan mata hati yang lebih jernih atas persoalan ini…???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: