Ujian Nasional (UN) SMA, SMK dan MA

Hari Senin ini, 22 maret 2010, hingga hari Kamis (SMK) dan hingga Sabtu (SMA/MA), serentak di seluruh wilayah Indonesia diselenggarakan Ujian Nasional (UN) untuk siswa SMA, SMK dan MA. Baca Lengkap? Ujian kali ini lebih awal (maju) dari perkiraan sebelumnya. Di samping karena menyesuaikan jadwal ujian  masuk perguruan tinggi, juga diberikannya peluang seluas-luasnya bagi siswa yang tidak lulus untuk mengulang atau mengikuti ujian remedial di sekitar satu bulan berikutnya (yakni April 2010).
Majunya jadwal UN ini, keruan saja membuat panik sebagian warga pendidikan, terutama “orang lapangan” seperti guru dan penyelenggara sekolah. Betapa tidak? logika awamnya, sewaktu ujian dijadwalkan biasa (tidak maju) saja masih banyak yang gagal, apalagi lebih awal.
Ada sisi positifnya memang, dengan jadwal UN maju, maka membuat semua pihak lebih intens untuk mempersiapkan diri. Kegiatan pendalaman atau persiapan ujian marak diadakan di tiap sekolah. Tidak tanggung-tanggung, ada yang menyelenggarakannya sejak semester 5 kelas XII.
Kumandang do’a atau dzikir istighotsah pun tak pelak banyak dilakukan. Ada yang melakukan do’a bersama secara internal sekolah, ada juga yang menyelenggarakannya secara bersama beberapa sekolah, nbahkan ada juga yang secara khusus mengundang ulama untuk memimpin do’a.
Sementara sisi negatifnya, tak ayal ada juga yang tidak PD (percaya diri) akhirnya menempuh berbagai cara instan dan tidak sehat guna menyiasati ujian, entah dengan cara apa???
Yah, begitulah pernak-pernik ujian negeri ini…..
Tahun ini, saya berkesempatan mengawas UN di SMK SATRIA, sebuah SMK swasta di wilayah Srengseng, kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Sungguh menakjubkan, SMK ini mengikutkan peserta ujian, sepertinya terbanyak se-Jakarta Barat, yakni ada 36 ruang ujian. Jika per-ruang 20 peserta, berarti peserta ujian seluruhnya ada 720 siswa. Angka yang fantastis.
Ya Allah, semoga saja UN kali ini menjadi UN yang lebih baik, pelaksanaannya maupun hasilnya, amin.

One Response to Ujian Nasional (UN) SMA, SMK dan MA

  1. Sriayu says:

    UN thn ini seru ya Pak…

    Makin rame aj accident na. ha ha ha..
    Ntah macem mana lg UN SMP/MTs tgl 29 nanti

    Salam Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: