PKS (Patroli Keamanan Sekolah)

Banyak siswa Patroli Keamanan Sekolah (PKS) di perempatan jalan raya. Baca lengkap? Hari Senin dan Selasa, 14-15 Desember 2009, ketika melewati perempatan Ragunan-Mampang Jakarta Selatan, saya melihat banyak siswa-siswi yang berseragam putih-putih dengan kelengkapan atribut layaknya seorang Polisi Jalan Raya (PJR).
Mereka berdiri rapi dan teratur di bagian pinggir jalan untuk membantu mengatur lalu lintas kendaraan yang berlalu lalang.
Rapi dan tegap tampak mereka, baik yang laki-laki maupun perempuan. Sesekali polisi yang sedang bertugas ememberi arahan kepada mereka tentang cara menggerakkan tangan untuk aba-aba, bahkan ada juga polisi yang sedang membetulkan posisi salah seorang yang terlihat kurang tegak.
Saya tidak tahu persis kegiatan ini dalam rangka apa. Yang jelas, jadi ingat semasa dulu sekolah, saya pun pernah mengikuti kegiatan serupa. Tapi, kini semakin jarang terlihat.
Saya tidak tahu, yang saya lihat itu apakah inisiatif sekolah meminta kepada pihak kepolisian untuk mendidik siswa-siswinya, ataukah memang program kepolisian untuk mendidik siswa sekolah mendalami pemahaman berlalu lintas? Wallaahu a’lam.
Yang jelas, pagi itu saya merasa mendapat pemandangan indah di perjalanan. Sembari menyimpan senyum, saya pun melanjutkan perjalanan karena lampu lalu lintas “BANGJO (ABANG IJO)”, lampu merah maksudnya, sudah berwarna hijau.
Sayonara anak-anaku, penerus bangsaku …..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: