Jumpa Sahabat Lamaku di Pameran SMESCO 2009 Departemen Koperasi

Beberapa waktu yang lalu, melalui beberapa teman yang sudah online di FaceBook, saya mendapatkan nomor telepon sahabat karib sewaktu di SMA dulu. Baca Lengkap ? Sahabatku ini, sudah lama tidak berjumpa, terutama setelah ia melanjutkan studi di Bandung. Tapi, Subhanallah, akhirnya saya bisa kontak lagi dengannya setelah 22 tahun-an meninggalkan bangku SMA.
Senang hati saya mendengar kabarnya, kini ia menjadi PNS di Departemen Koperasi, bahkan sudah menjadi Kepala Seksi. SUWITRO, SE, MSi, itulah nama sahabatku yang satu ini.
Secara kebetulan, setelah terjadi kontak, ia ada keperluan mewakili Kepala Dinas Departemen Koperasi Kabupaten Subang Jawa Barat sekaligus mendampingi koperasi binaannya dalam ajang pameran tahunan di JCC (Jakarta Convention Center) Jakarta, mulai Rabu hingga Minggu, 14-18 Oktober 2009.
Dengan begitu semangatnya, ia ingin sekali berjumpa di Jakarta dalam kesempatan itu, meskipun tidak banyak waktu. Keruan saja, saya pun menyanggupi untuk bertemu karena memang tidak terlalu jauh dengan tempat saya mengajar.
Akhirnya, Rabu 14 Oktober 2009, setelah selesai dengan tugas di sekolah, saya bersiap menjumpainya di JCC menjelang zhuhur. Setelah beberapa kali kontak dan janjian, kami pun bertemu.
Salam dan peluk erat tentulah menjadi “ritual” wajib saat pertama kali saling berjumpa. Agak berlinang air mata ini melihatnya kembali setelah sekian lama. Ia kini bukan lagi seperti saya lihat sewaktu 22 tahun lalu. Ia sudah lebih dewasa meskipun agak terlihat sedikit kurus. Ia, kini sudah menjadi pejabat, Subhanallah…
Kantin, tentu saja menjadi sasaran yang kami tuju untuk lebih banyak waktu ngobrol sekaligus waktunya makan siang. Di sana, kami melepaskan kerinduan dengan menceritakan bagian-bagian terheboh dalam hidup kami masing-masing, dari masalah pribadi, keluarga hingga pekerjaan.
Setelah cukup lama, kami masih melanjutkan obrolan sambil menuju masjid yang ada di dalam lokasi JCC untuk shalat zhuhur. Di masjid selepas shalat pun masih juga hangat melanjutkan obrolan. Mumpung juga ada kesempatan, kami pun berjalan keliling menikmati suasana pameran industri kreatif kerajinan hasil karya anak bangsa. Hasil karya home industry lebih mendominasi isi pameran, mulai dari kerajinan tangan, batik, songket, tikar, ukiran, hingga yag agak berbau teknologi modern.
Kebiasaan dulu sewaktu SMA suka mentraktir jajan di sekolah, masih juga tampak. Setelah melihat pameran batik, buru-buru ia mencarikan batik untuk saya, untuk kenangan ujarnya. Saya pun menerimanya denga sukacita. Kerupuk Palembang pun dibelikannya untuk anak-anakku.
Menjelang pukul 15.00wib ia pun harus segera pulang, akhirnya kami pun harus mengakhiri perbincangan penuh rasa kangen yang sudah mulai terobati. Saya lebih dahulu berpamitan padanya dan rombongan yang ikut serta dengannya. Sambil bersalaman erat, saya mengucapkan salam perpisahan sambil saling berjanji untuk terus melakukan kontak.
Alhamdulillah, satu fragmen liku kehidupan telah terjalani hari ini, tinggal saya menyimpulkan, apakah akan menjadikannya sebagai pelajaran yang penuh makna? ataukah hanya sesuatu yang harus lewat begitu saja dalam hidup ini.
Yang jelas, saya mendapat pelajaran berharga dari obrolan santainya. Ia berkata, “Zay, apa yang saya dapat hari ini, mungkin karunia Allah atas yang telah saya lakukan belasan tahun lalu. Saya betekad, saya melakukan komitmen pekerjaan sepenuh hati, tanpa memikirkan apa dan berapa yang saya dapat. Dan, waktu kerjaku lebih dari sekedar 12 jam per-hari untuk melayani”. Itulah rupanya yang telah ia lakukan, sebuah langkah memantaskan diri untuk mendapatkan karunia seperti sekarang ini, dan mungkin karunia-karunia berikutnya, insya Allah amin.
Selamat jalan sahabatku, aku banyak belajar hari ini, semoga kita selalu bisa menjalani hal terbaik dalam hidup ini, selagi masih diberi kesempatan, amin.

2 Responses to Jumpa Sahabat Lamaku di Pameran SMESCO 2009 Departemen Koperasi

  1. Waduh sungguh pertemuan yang mengharukan. Hidup memang penuh dengan pembelajaran Pak. Sebagaimana peringatan Allah SWT….. I..q…r…a’…!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: