Tes Calon Kepala SMK Negeri DKI Jakarta

Selasa dan Rabu, 6 – 7 Oktober 2009, Dinas Pendidikan Propinsi DKI Jakarta melaksanakan bagian akhir dari Tes Calon Kepala SMK Negeri. Baca Lengkap ?

Menurut informasi, tes kali ini adalah tes tahapan tes yang terakhir dari beberapa tes yang dilakukan dalam rentang waktu yang cukup panjang (sekitar 6 bulan) sejak April 2009 hingga Oktober 2009.

Tes atau seleksi pertama adalah seleksi berkas. dua ratusan lebih pendaftar yang mengikuti, tetapi hanya 98 peserta yang kemudian dipanggil karena memenuhi persyaratan yang diminta.

Seleksi ke-2 dan ke3 adalah BAHASA INGGRIS (TOEFL) dan TEORI PEMAHAMAN SEKOLAH DAN ILMU PENDIDIKAN. Skoring yang dilakukan di tahap ini dengan standar minimal dan kumulatif. Nilai minimal untuk TOEFL dan TEORI ditentukan, kemudian nilainya digabungkan dan dibuat nilai rata-rata. Nilai rata-rata yang didapat pun ditetapkan lagi standarnya. Sehingga, bagi yang nilai TOEFL-nya memadai tapi nilai TEORI-nya tidak, maka tidak lolos di tahap ini, begitu juga sebaliknya. Bahkan, jika keduanya memenuhi standar minimal tetapi nilai rata-ratanya tidak, maka tidak juga bisa lolos. Ternyata, dari 98 peserta yang lolos hanya 36 peserta di tahap tes/seleksi tahap ke-3.

Tahap ke-4, ke-5 dan ke-6 adalah  PSIKO TES,  INTERVIEW dan PRESENTASI. Dua tes terakhir baru dilaksanakan Selasa dan Rabu 6-7 Oktober  ini. Peserta mengikuti PSIKO TES selama 2 hari berturut-turut. Sedangkan INTERVIEW dan PRESENTASI sehari penuh sesuai dengan giliran jadwalnya. Interview yang dilaksanakan adalah interview dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia seputar pemahaman sekolah, manajemen dan sistem pendidikan nasional. Sedangkan presentasinya tentang makalah yang telah dibuat peserta pada waktu tahap pertama mendaftar. Tiap peserta wajib memaparkan makalahnya di hadapan 4 orang Dewan Penguji dari Dinas Pendidikan Propinsi DKI Jakarta.

Begitu berat dan panjang perjalanan para Calon Kepala Sekolah SMK Negeri di periode tahun 2009 ini, agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang diselenggarakan terkonsentrasi di suatu rentang waktu yang lebih pendek meskipun konsepnya sama.

Semoga saja didapat para Calon Kepala SMK Negeri yang benar-benar berkualitas sesuai harapan, amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: