MENIKMATI HIDUP

Kadang lucu dan ironis memang, seperti saya lihat siang Selasa ini, 12 Mei 2009.
Beberapa tukang gali tanah di suatu ruas jalan raya, sedang begitu santainya merokok di pinggir got yang kotor setelah mereka makan siang di sebuah WARTEG di pinggir jalan.
Padahal, menu yang mereka makan, terkadang hanya nasi dengan sayur berkuah banyak dan sepotong tempe, ditambah minum air lebih dari dua gelas untuk lebih mengenyangkan perutnya. Sesudahnya, mereka merokok dengan rokok murahan, yang harganya mungkin seperempat dari rokok mahal yang ada. Merokonya di pinggir got yang kotor dan bau.
Tapi, lagi-lagi, anehnya mereka sepertinya begitu menikmati setiap isapan asap rokoknya. Begitu indah hidupnya, seperti tanpa beban.
Pemandangan itu agak berbeda dengan sebagian orang-orang kaya, yang belum tentu bisa menikmati makan siangnya, padahal mereka makan di tempat yang begitu mewah dan mahal tentunya.
Ruang makan rumahnya saja mungkin berlampu kristal yang berharga mahal dengan meja terbuat dari batu pualam indah.
Tapi, lagi-lagi, sebagian orang kaya itu mungkin begitu sulitnya untuk makan dengan nikmat, padahal, mungkin saja mereka makan siang di Singapur atau Malaysia.
Apa sebenarnya yang menjadi pokok masalah ini? Yang satu miskin tapi begitu menikmati khidup kesehariannya, sedangkan yang satunya lagi kaya tapi begitu tersiksa?
Orang bijak mengatakan, pokok persoalnnya adalah terletak dari bagaimana kita menikmati hidup.
Masalah yang timbul pada kita, sebenarnya bukan besarnya masalah yang akan menghancurkan kita, tetapi karena sikap kita menghadapi masalah itu. Meskipun berat terasa beban yang kita hadapi, jika kita tetap “mengalir” menjalani hidup, yakin akan ketetnuan Allah, niscaya tidak ada yang membuat risau. Tapi, jika kita menyikapi permasalahan dengan sikap yang salah, maka masalah kecilpun bisa saja menghancurkan kita.
Haruskah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: