Cinta Lingkungan

Pagi ini, sembari berkendara menuju sekolah tempat saya mengajar, SMK 45 Jakarta, saya kembali mengulum senyum sepanjang jalan. BACA LENGKAP?
Bersamaan dengan beberapa sepeda motor, terlihat sebuah sepeda motor di depan saya, sparkboard belakangnya bertuliskan “CINTA LINGKUNGAN HIDUP”.
Sebenarnya tidak ada masalah, saya bahkan senang melihat tulisan itu, kita memang harus cinta lngkungan hidup. Tetapi masalahnya, sikap, tingkah laku dan “dandanan” orang yang mengendarai sepeda motor itu.
Sikapnya berkendara, terlihat agak ugal-ugalan tanpa mempedulikan keselamatan orang lain. Ditambah lagi, ia sendiri berdandan dengan jaket yang banyak tulisan yang lebih seperti coret-coretan dengan isi yang kurang pantas. Sebagian kulit jaket bentuknya sudah tidak terlihat normal, seperti disobek di sana-sini. Wah, iki piye toh? wong pengusung cinta lingkungan kok malahan ga mencintai diri sendiri, apalagi lingkungannya….???
Padahal, jika saja kita semua benar-benar mencintai lingkungan, sungguh bumi yang kita pijak, langit yang menanungi kita ini akan terlihat dan terasa indah, serasi, harmonis penuh bersahabat dengan kita. Akan tetapi apa daya? Kebodohan dan keserakahan manusia yang menghancurkan keindahan semua ini. Buang sampah seenaknya, merusak sarana bersama, menebang pohon untuk kepentingan uangĀ  tanpa memperhatikan dampak yang akan ditimbulkan. Padahal, jika terkena dampak “marah”nya alam, yang terkena bukan hanya orang lain, yang rugi dan repot juga bukan hanya orang lain, tapi mereka juga terkena dampaknya.
Aku berkhayal, alangkah indahnya hidup di alam yang indah penuh warna, udara segar, dengan alam yang bersahabat. Oh, negeri antah berantah ……


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: