SALAH PRIORITAS

salah_berburuDi sela-sela obrolan santaiku dengan istri di sore hari kemarin, tanpa disadari, istriku mengungkapkan hal yang sungguh sangat mendasar bagi aku, kita, manusia makhluk Tuhan.
“Aku dapat ungkapan dari seseorang yang selama ini aku hormati”, ujar istriku. Begini ungkapan beliau:

“Kenapa ya, manusia? pada berburu kepada sesuatu yang sudah dijamin, tetapi justru tidak berburu pada sesuatu yang tidak dijamin?, Bukankah rizki itu sudah dijamin Allah swt? Tapi, kita begitu nafsunya untuk berburu, kadang siang jadi malam, malam pun jadi siang, kepala jadi kaki, kaki jadi kepala untuk memburunya.
Sebaliknya, apakah kita sudah pasti dan dijamin akan masuk surga atau dijamin tidak akan masuk neraka? Jelas, tidak ada jaminan sedikitpun. Tapi, anehnya, kita semua bahkan tidak pernah berburu untuk sesuatu yang tidak ada jaminannya?

Aneh ya kita ini”, begitulah ujar istriku menceritakan nasehat yang sangat berharga.
Benar ya…
Hampir kita semua tahu, bahwa Allah swt sudah menjamin rizki kita semua, aslakan kita mau berusaha, Allah akan mencurahkan semua yang telah dijanjikannya itu. Sebaliknya, jika Allah sudah menentukan kadar rizki tertentu, maka sebesar itulah yang akan kita peroleh, meski dengan cara apapun kita mencarinya.
Kita semua juga tahu, bahwa tidak ada jaminan sedikitpun bahwa kita akan masuk surga atau tidak masuk neraka. Bahkan, Nabi Muhammad saw yang dimuliakan dan dijamin saja, masih terus beribadah dan bersyukur lebih dari kita yang tidak ada jaminan sedikitpun.
Aneh ya…???
Bagaimana dengan kita?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: